RENAISSANCE

Kegelisahan, Kegembiraan, dan Harapan

Valentine

Asal Mula Valentine’s Day

Tahukah Anda asal mula hari kasih sayang (valentine’s day) yang dirayakan setiap 14 Februari itu? Valentine sebenarnya adalah nama seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ketiga. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci kaisar tersebut, dan ia bukan satu-satunya. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.Namun sayangnya keinginan ini bertepuk sebelah tangan. Para pria enggan terlibat dalam perang. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasihnya. Hal ini membuat Claudius sangat marah, ia pun segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.

Ia berfikir bahwa jika pria tak menikah, mereka akan dengan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Para pasangan muda menganggap keputusan ini sangat tidak manusiawi. Karena menganggap ini adalah ide aneh, St. Valentine menolak untuk melaksanakannya.

Ia tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini diketahui kaisar yang segera memberinya peringatan, namun ia tak bergeming dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin, tanpa bunga, tanpa kidung pernikahan.

Hingga suatu malam, ia tertangkap basah memberkati sebuah pasangan. Pasangan itu berhasil melarikan diri, namun malang ia tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis mati. Bukannya dihina, ia malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara.

Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta itu adalah putri penjaga penjara. Sang ayah mengijinkannya untuk mengunjungi St. Valentine di penjara. Tak jarang mereka berbicara selama berjam-jam. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta itu. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar.

Di hari saat ia dipenggal,14 Februari, ia menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis itu atas semua perhatian, dukungan dan bantuannya selama ia dipenjara. Diakhir pesan itu, ia menuliskan : “Dengan Cinta dari Valentinemu.”

Pesan itulah yang kemudian merubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

Jadi, kapankah hari Valentine bagimu?

dari berbagai sumber

Februari 14, 2008 - Posted by | Agama, Materi KBM

13 Komentar »

  1. hai pak…
    saya bingung mau kasih coment apa..
    saya nanya aja dech…
    bapak kalo waktu ada jadwal ngajar di kelas saya,
    kok… sering gak masuk sich??
    kan jadi gak seru pak…

    Komentar oleh dennise | April 9, 2008 | Balas

  2. helllowww pak krizz…
    hmmm,…mau ksh coment apa yach???
    jdi binun nihhh……
    o..iiiiiiya,,pak
    sering” nyuruhhhh kita bkin karya” yang kreatif gtuuu dunkz,pakk….
    hehehehehehehehe…………….

    Komentar oleh JUaNiTa eLLa | April 9, 2008 | Balas

  3. Hallowwww pa !!

    Anak-anak bapa luthu yap ! hwehehehe!!!!
    Pa serink-serink dunk ada prakaya,, kan seru banget tuwh pa….

    hm..m..m yaudah decch pa ,, bingung mau comment pa lage hhe!!
    cukup sekian and terima kasih Jesus always blessed you !!

    satu lagi pa,,kalo ngajar yang seru dikit ya pa ^^

    Komentar oleh Anetta Gracia | April 9, 2008 | Balas

  4. Pak emang anak bapak lucu” kali . .
    netta salah tuh pak,, org klo bapak ngajar superduper seru jg . .
    huuuuuuuuu !!!!!! sorakin netta !!!!!
    huuuuuuuuu !!!!!!

    Komentar oleh Zefani 7a | April 10, 2008 | Balas

  5. pak saya sangat mendukung ella,, srg” deh srh qt bk karya” yg kreatif
    oC ???? saya ja mendukung dennise koq,, knp klo lgi pel.bapak, bapak
    gk srg mzk, srgin donk pak ??????

    Komentar oleh Zefani 7a | April 10, 2008 | Balas

  6. paK… sayA jU9a mendukun9 comment zefani alias eva la9i…
    truZzztt… saya jU9a mendukun9 comment dennise n ella…
    he3…

    Komentar oleh pAtriCia... | April 10, 2008 | Balas

  7. paK… saYa jU9a sangat mendukun9 comment” zefani la9i…
    truZzztt… saya jU9a mendukun9 comment dennise n ella…
    he3…

    Komentar oleh pAtriCia... | April 10, 2008 | Balas

  8. sorry pak ada salah teknis jadi comment nya jadi ada 2

    Komentar oleh pAtriCia... | April 10, 2008 | Balas

  9. menurut saya cerita diatas cukup bagus tapi saya kurang suka membaca hal seperti itu karena kurang menyenangkan sekian dulu dari murid bapa Bye – bye

    Komentar oleh Teto 7A | April 10, 2008 | Balas

  10. @ Dennise: maaf deh, habis ada banyak kesibukan (gayanya kayak orang penting๐Ÿ™‚ )

    @ Ella: Bingung? Pegangan!

    @ Anetta, Zefani, Patricia: Lain kali kita buat yang lebih seru lagi di kelas OK!๐Ÿ™‚

    Komentar oleh kristiono | April 16, 2008 | Balas

  11. @ Tetto: Enakan baca komik ya?๐Ÿ™‚

    Komentar oleh kristiono | April 16, 2008 | Balas

  12. Bapak, fans-nya skrg banyak ank kls 7, nih.. Lupa sm warga kls 9..

    Komentar oleh sc0rp10n | April 18, 2008 | Balas

  13. @ scorpion (whoever that is!): bukan lupa sama kelas 9, tapi yang lebih kecil kan biasanya lebih butuh banyak perhatian.๐Ÿ™‚ Iya kan? Kayak gak ingat waktu kamu kelas 7 ajaโ€ฆ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh kristiono | April 19, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: